Welcome To www.adempiere.web.id

This blog is in Indonesian Language, to read in English please use google translate
-------------------------------------------------------------------------
Assalamu allaikum Wr Wb
Selamat datang di www.adempiere.web.id, tempat untuk berbagi informasi Komunitas ADempiere Indonesia , serta sharing informasi Software ERP (Enterprise Resource Planning)berbasis Opensource khususnya Adempiere / iDempiere dan OpenBravo. Semoga informasi yang ada di blog ini, bisa bermanfaat.
Wassalam
Agung Budi Santosa
.>>> [ BACK TO HOME ] <<<.

Friday, April 11, 2008

COMPIERE ERP CRM, APA & MENGAPA BERBEDA

by agung_bs@yahoo.com

I. Apa Itu COMPIERE ERP & CRM


Compiere adalah sebuah software ERP (singkatan dari Enterprise Resource Planning), dan merupakan sebuah software ERP berbasis open source pertama kali dan merupakan salah satu software ERP yang paling popular saat ini. Sampai dengan awal tahun 2008 sudah lebih dari 1.300.000 kali di download dari website http://www.sourceforge.net, Compiere yang di bangun dengan menggunakan Java J2EE dapat di jalankan di berbagai platform seperti Windows, Linux, Unix, dll.

Compiere merupakan salah satu aplikasi ERP open source pertama yang muncul di pasaran. Berawal dari ambisi Jorg Janke untuk membuat suatu ERP yang handal namun terjangkau, mengingat saat itu (bahkan mungkin juga sampai saat ini) solusi ERP merupakan sesuatu yang teramat mahal. Bermodalkan pengalamannya di dunia ERP selama kurang lebih 20 tahun, Jorg bersama Kathy Pink mulai mengembangkan Compiere. Metode pendekatan open source juga turut mempercepat pengembangan aplikasi ini. Masukan-masukan dari komunitas open source, baik berupa business process maupun modifikasi dari source code, diawasi dan diseleksi (mana perubahan yang diterima dan mana yang tidak) oleh Jorg langsung dimana hasil modifikasi tersebut menjadi release baru. Model pengembangan seperti ini yang kemudian dikenal sebagai Cathedral Approach.

Compiere sebagai suatu ERP open source berhasil membuka mata dunia akan mungkinnya suatu solusi ERP yang dapat dihandalkan dan terjangkau. Sempat menjadi salah satu aplikasi open source paling diminati membuat sebuah perusahaan modal venture menanamkan modalnya di Compiere. Dan sebagaimana perusahaan open source pada umumnya, mereka menawarkan support bagi pengguna aplikasi mereka. Selain itu pada akhir 2007, mereka meluncurkan suatu extension khusus bagi pelanggan mereka yang dikenal sebagai Compiere Professional.

II. Mengapa Compiere Berbeda?

Ada beberapa hal yang membuat Compiere berbeda dengan sistem ERP yang lain, dimana Compiere memiliki beberapa kelebihan sehingga Compiere menjadi salah satu pilihan terbaik dalam memilih sistem ERP. Kelebihan kelebihan tersebut diantaranya adalah :

Implementasi Cepat, Dengan asumsi tanpa memerlukan proses pengambilan keputusan yang panjang, yang umumnya terjadi karena masalah perhitungan biaya dan investasi (serta kerugiannya apabila sistem ternyata gagal). Dengan Compiere resiko kerugian sangat kecil, misalnya apabila anda menghentikan proyek implementasi karena suatu alasan. Disamping itu Compiere tidak mengenal kata gagal, karena apabila sistem yang ada pada Compiere tidak dapat memenuhi kebutuhan perusahaan anda secara maksimal, anda masih dapat mengembangkannya sendiri dari source code yang tersedia.

Benar benar Terintegras, artinya semua data (ERP, CRM dan Akunting) di picu dari transaksi yang sama. Tidak diperlukan migrasi, penggabungan atau trasformasi data. User yang memasukkan data tidak perlu takut tentang informasi yang perlu di masukkan untuk CRM, karena informasi informasi tersebut secara otomatis akan terintegrasi.

Aman dari Kegagalan, orang umumnya akan berusaha aman dari kesalahan. Akan tetapi sebenarnya tidak ada lingkungan yang benar benar aman, mengingat banyaknya variable keamanan. Sehingga anda pasti yakin akan adanya bug dan masalah. Sehingga, idenya adalah membangun system dimana anda dapat berbuat salah secara aman, dimana anda dapat memperbaiki kesalahan, mengulangi dari awal dan anda dapat mengatasi situasi tersebut.

Rich and Reach – Rich (kaya) mengacu pada system Clien/Server interface yang memiliki semua fitur yang diperlukan. Reach (terjangkau) mengacu kepada web interface dimana dapat diakses tanpa harus memerlukan program khusus dari sisi klien.

Global Market, cukup mudah membangun multi fungsi di Compiere dimana mengijinkan anda untuk berbuat di pasar global dengan bahasa yang berbeda, mata uang, dan metode akuntansi.

Smart User Interface, hampir semua tampilan windows dikembangkan pada aturan dasar, berdasarkan andas. Hal ini mengijinkan untuk akses yang sangat personal dan memberikan user apa yang diperlukan. Dalam hal tersebut, Compiere benar benar memperhitungkan fakta bahwa beda orang akan memiliki kebutuhan yang berbeda pula. Penggerak Perbendaharaan data memungkinkan setup berbasis per-user. Semua windows dapat di kustomisasi dan dikurangi terhadap field2 dimana user sesungguhnya memerlukannya dimana hal ini memberikan flexibiltas lebih baik dari aplikasi lain.



III. Target Pasar Compiere


Compiere dirancang untuk industri yang bergerak dibidang jasa, distribusi dan retail. Terdapat fungsi dasar dari Managemen material serta termasuk juga Manufacturing Planning meskipun dalam skala terbatas. Tidak ada fungsi manufaktur seperti Shopfloor kontrol dan Full MRP.
Compiere adalah untuk perusahaan kecil dan menengah (SME), seperti halnya perusahaan tunggal, untuk rangkaian distribusi, outlet dari sebuah manufaktur, franchises dll.

IV. Cakupan Fungsional Compiere
Compiere belum memiliki Material Requirement Scheduling secara penuh, seperti halnya untuk kebutuhan shop floor atau production scheduling. Akan tetapi anda dapat melakukan kalkulasi kebutuhan kasar (gross demand) dan melakukan forecast sebagai resource scheduling secara sangat sederhana. Tidak ada fungsi payrol secara komplit (seperti kalkulasi net income, potongan, dan tambahan). Tapi akan ada interface untuk fungsi fungsi tersebut.
Berikut adalah beberapa fungsional yang terdapat pada Compiere ERP&CRM:
· fully integrated ERP and CRM solutions
· both front-office (POS, Web Store) and back-office functionality
· inventory management
· automated accounting
· professional services solution
· managed distribution networks
· streamlined order processing


=================
agung_bs@yahoo.com

Baca Tutorial selanjutnya -> Compiere 3.

6 comments:

Anonymous said...

boleh tau nggk, kapan sih compiere dilaunching dari versi pertamanya sampai sekarang?
butuh jawabannya pak buat tugas saya.
terima kasih...

ecocard casinos said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Poker Hand said...

It is simply matchless theme :)

Anonymous said...

wah keren ini pak, informatif sekali makasih udah post ini :D

Parking said...

Gini nih info yang ane cari cari soal Compiere, makasih banget pak

Agung B Santosa said...

@ all
Thanks udah mampir..