Welcome To www.adempiere.web.id

This blog is in Indonesian Language, to read in English please use google translate
-------------------------------------------------------------------------
Assalamu allaikum Wr Wb
Selamat datang di www.adempiere.web.id, tempat untuk berbagi informasi Komunitas ADempiere Indonesia , serta sharing informasi Software ERP (Enterprise Resource Planning)berbasis Opensource khususnya Adempiere / iDempiere dan OpenBravo. Semoga informasi yang ada di blog ini, bisa bermanfaat.
Wassalam
Agung Budi Santosa
.>>> [ BACK TO HOME ] <<<.

Thursday, February 11, 2010

Proses Bisnis Compiere/Adempiere apakah cocok untuk Perusahaan Lokal?

Compiere atau Adempiere ERP apakah sesuai untuk Proses bisnis perusahaan lokal?. Demikian kira kira pertanyaan yang sering saya terima via email, YM maupun pertemuan langsung dari berbagai kegiatan. Hal ini sering ditanyakan umumnya oleh para user pemula maupun orang yang belum pernah menggunakan Compiere/Adempiere sebelumnya. Pertanyaan ini muncul salah satunya adalah karena Compiere dibuat oleh perusahaan Amerika, yang mungkin tidak pernah tau bagaimana proses bisnis perusahaan perusahaan lokal di indonesia, disamping masih sedikitnya pengguna Compiere/Adempiere di Indonesia, sehingga wajar apabila ada kekhawatiran proses bisnisnya tidak sesuai atau si perusahaan harus melakukan perombakan besar besaran agar bisa mengikuti proses bisnis Compiere (yang mana tentu saja hal ini tidak di inginkan oleh pengelola perusahaan).

Dari pertanyaan diatas saya bisa memberikan jawaban yang terdiri dari 2 kabar baik dan 1 kabar buruk. Kita mulai dari kabar baik terlebih dahulu.

Kabar baiknya adalah:
Pertama, Compiere (dan turununanya) tidaklah dibuat berdasarkan patern atau langkah langkah proses bisnis yang fix dan kaku, melainkan berdasarkan opsi opsi yang bisa kita pilih sesuai dengan proses bisnis dari perusahaan yang kita jalankan. Sebagai contoh kita ambil prosedur pembelian barang, dimana proses pembelian barang standard adalah sbb:

Purchase order (PO) --> Penerimaan barang --> Pencetakan faktur --> Pembayaran.

di Compiere Purchase order adalah opsional, sehingga untuk membeli barang PO bisa dibuat bisa juga tidak, demikian juga dengan proses penerimaan barang.

Prosedur ini bisa jauh lebih sedernahan, misalnya saja perusahaan yang membeli bahan baku di Pasar, tentu saja tidak ada proses pembuatan PO, penerimaan barang, invoice dan lain lain, dan pembayaran dilakukan secara tunai.

Penerimaan barang --> pembayaran tunai

Atau perusahaan perkebunan yang menerima bahan baku dari petani sehingga pembayaran berdasarkan total barang yang diterima. sehingga prosedurnya menjadi:

Penerimaan barang --> pencetakan faktur --> pembayaran

Sedangkan untuk pembelian produk jasa atau pembelian barang yang tidak disimpan stok nya didalam inventory bisa tanpa melalui penerimaan barang sbb:

Purchase order --> Pencetakan faktur --> pembayaran

Sedangkan untuk perusahaan manufaktur besar mungkin memerlukan prosedur yang lebih rumit misalnya dengan memberlakukan Requisition(permintaan pembelian barang), RFQ (Request for Quotation, permintaan penawaran barang), Confirmasi penerimaan Incoming Quality Assurance (IQA), dan lain lain.

Requisition --> RFQ --> PO --> Penerimaan barang --> IQA COnfirmation --> pencetakan faktur --> pembayarandimana pada masing masing langkah terdapat prosedur dan pilihan masing masing, misalnya pada Requisition (permintaan pembelian barang) bisa di setujui atau tidak, kemudian pada RFQ terdapat proses pengambilan keputusan pemilihan vendor/pemasok, pada IQA confirmation ada opsi barang di terima atau dikembalikan (melalui proses RMA, Return Material Authorisation).

Hal diatas juga berlaku untuk prosedur pada modul modul yang lain seperti Material management, Sales Order, dan lain lain


Kesimpulannya, selain prosedur standard, Compiere / Adempiere juga menyediakan opsi opsi yang bisa anda tentukan sendiri yang paling tepat dengan proses usaha yang anda jalankan saat ini.

Kedua, Compiere/Adempiere memiliki fleksibiltas yang sangat tinggi dalam menyesuaikan proses bisnis perusahaan di seluruh dunia. Akan tetapi ketika ini tidak cukup, sebagai aplikasi opensource, Compiere/Adempiere selalu bisa di Kustomisasi bila diinginkan, pilihan kustomisasi bisa ditempuh ketika ada hal yang memang benar benar tidak bisa di akomodasi oleh Compiere, atau mungkin anda hanya sekedar ingin melakukan penyesuaian, misalnya saja agar tampilannya lebih mirip dengan aplikasi yang sebelumnya anda gunakan sehingga user lebih mudah beradaptasi dan lain lain.

Sedangkan kabar buruknya adalah:
Compiere/Adempiere bukanlah aplikasi siap pakai yang begitu anda install langsung bisa anda gunakan (meskipun sebagian besar proses bisnis defaultnya mengacu kepada proses bisnis standard), implementasi Compiere/Adempiere selalu membutuhkan proses setup, configurasi dan kustomisasi agar benar benar sesuai dengan proses bisnis di perusahaan anda, sehingga pada umumnya anda akan membutuhkan bantuan dari konsultan, atau paling tidak orang yang pernah menggunakan Compiere/Adempiere untuk melakukan setup dan konfigurasi yang sesuai dengan bisnis proses di perusahaan anda. Bagaimana apabila anda tidak berhasil menemukan orang yang bisa membantu anda ataupun mungkin anda tidak memiliki dana cukup untuk membayar konsultan? jangan kawatir, komunitas Compiere/Adempiere akan dengan senang hati membantu anda, misalnya melalui blog http://CompiereGuide.blospot.com atau milis http://groups.yahoo.com/group/indocompiere dan http://groups.yahoo.com/group/adempiere-id, tentu saja anda juga harus aktif belajar melalui buku-buku Compiere/Adempiere ataupun dari internet, blog, milis dan lain lain. Selain pilihan diatas ada bantuan lain yang lebih ekonomis, praktis dan instan yaitu dengan mengikuti pelatihan pelatihan Compiere / Adempiere yang sudah banyak di selenggarakan di berbagai kota seperti Jakarta, Jogja, Medan, Pekan baru dan Makassar.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi pengguna ADEMPIERE INDONESIA . Terima kasih dan salam

Agung Budi Santosa
Alphamedia Constulting,
================










Join Komunitas Adempiere Indonesia / Idempiere Indonesia di FB Group: Adempiere iDempiere Study Group Indonesia .
Seiring dengan meningkatnya lowongan kerja dan permintaan tenaga profesional bidang ERP khususnya ADempiere, Alpha Media mengadakan ERP Training baik secara reguler maupun inhouse.
**Untuk Informasi ERP Training silahkan kontak: training@alphamedia.co.id

7 comments:

Tommy said...

Pak, untuk cash dan bank, apa kita harus menginputkan untuk di semua accouting schema ?

Agung B Santosa said...

Saya kurang bisa menangkap pertanyaannya mas tommy,

Pada dasarnya Accounting Schema dibutuhkan ketika kita pertama kali setup client (meskipun bisa dirubah setelah itu).
Cash dan Bank akan memiliki account yang sudah anda tentukan, apabila anda memiliki banyak beberapa cashbook atau beberapa organisasi maka anda akan perlu untuk merawat semuanya.
semoga membantu
salam
Agung

Abu Hafsh Hermansyah said...

Maaf pak, kalau untuk administrasi online store masih bisa teratasi dengan compiere kan pak.
Buku bapak dijual di gramedia apa tidak pak... sepertinya saya tertarik sekali untuk mencoba menggunakan compiere...
Terima kasih

Agung B Santosa said...

Buku belum ada di toko pak, karena buku ini sebenarnya adalah tutorial training.
Salam,
Agung

Taufiq Kurniawan said...

Artikel yang sangat menarik pak, karena saya juga bekerja di salah satu perusahaan manufaktur yang berbasis di Indonesia, dan kebetulan saya salah satu tim dalam implementasi ERP yang kebetulan menggunakan Oracle. Boleh tolong dijelaskan sedikit pak, perbedaan open source Adempiere dengan Oracle, dan kemudia bagaimana dengan aplikasi pada perusahaan manufaktur yang cukup komplek dalam bisnis prosesnya? Apakah sulit dan mahal dalam mengembangkan Adempiere ini secara personal? thanks pak

Agung B Santosa said...

mas Taufiq Kurniawan,

Secara general fungsional, Oracle ERP dan ADempiere adalah sama sama aplikasi Enterprise. Namun tentu saja fitur dan fasilitas nya berbeda.

Menggunakan ERP Komersial, umunya anda terima beres, aplikasi sudah disiapkan oleh vendor. Namun sisi negatif nya anda akan tergantung dengan vendor.
Sedangkan dengan aplikasi Opensource anda bisa lebih bebas memilih, jika ingin tidak terlalu tergantung dengan vendor, anda dituntut untuk "menyingsingkan lengan baju".
Atau anda bisa juga terima beres, dengan menggunakan jasa konsultan.

Untuk Manufacturing yang Complex di ADempiere 3.60LTS terdapat modul Manufacturing management, silahkan anda mengeskplore barang kali bisa diterapkan diperusahaan anda :)

salam
Agung BS

Skorbola.co Situs Portal Berita Sepakbola Terkini said...

kalau tidak dicoba kita tidak akan tahu...