Welcome To www.adempiere.web.id

This blog is in Indonesian Language, to read in English please use google translate
-------------------------------------------------------------------------
Assalamu allaikum Wr Wb
Selamat datang di www.adempiere.web.id, tempat untuk berbagi informasi Komunitas ADempiere Indonesia , serta sharing informasi Software ERP (Enterprise Resource Planning)berbasis Opensource khususnya Adempiere / iDempiere dan OpenBravo. Semoga informasi yang ada di blog ini, bisa bermanfaat.
Wassalam
Agung Budi Santosa
.>>> [ BACK TO HOME ] <<<.

Wednesday, March 25, 2009

Buku Panduan Implementasi ERP

Dalam setiap Implementasi ERP, salah satu faktor yang menentukan keberhasilan Implementasi adalah Faktor Sumber_Daya_Manusia (user). Oleh karena itu keberhasilan training terhadap user sebagai pengguna sistem menjadi faktor penting. Masih minimnya manual ERP terutama untuk ERP Opensource seperti Compiere, ADempiere dan OpenBravo sering membuat kegiatan training kurang maksimal. Jangankan manual ERP dalam bahasa indonesia, bahkan yang dalam bahasa inggris pun terkadang sulit dicari. Hal tersebut memaksa kami untuk membuat Buku manual ERP, dimana dengan segala keterbatasan kami, kami berusaha menyusun buku manual ERP untuk dapat dipakai untuk kegiatan training maupun implementasi.

Sebagai Catatan, kesemua buku yang kami tulis dibawah ini adalah untuk kebutuhan internal kami, dan belum dijual secara bebas kepada umum. Namun bagi yang mengikuti kegiatan training maupun Implementasi bersama kami, tentu saja akan mendapatkan buku buku tersebut (bila sudah tesedia).

Buku Panduan Belajar Compiere Edisi ke 2

Buku Panduan Belajar Compiere, kami buat tahun lalu yang merupakan edisi pertama dimana masih banyak terdapat kekurangan disana sini, baik dari sisi terjemahan, penyusunan maupun penyampaiannya sehingga banyak pembaca yang agak kebingungan dalam membacanya.
Buku ini sendiri sebenarnya dibuat untuk kebutuhan training, sehingga di awal kami tidak begitu merasa khawatir toh dalam kegiatan training akan didampingi tutor yang siap menjelasakan terhadap hal hal yang kurang jelas. Namun karena dalam perkembangannya banyak yang menginginkan buku ini tanpa mengikuti training sehingga terjadi hal tersebut diatas.
Untuk itu saat ini kami sedang menyiapkan Buku Panduan Belajar Compiere Edisi ke 2, yang merupakan penyempurnaan dari Edisi ke 1. Buku ini sendiri akan disempurnakan terus menerus agar semakin baik dan dapat menjadi panduan belajar yang memadai bagi yang ingin belajar Compiere dari dasar.

Buku Implementasi ERP dengan ADempiere (Comming soon).

Saat ini kami masih menggunakan Buku Panduan Belajar Compiere baik untuk kegiatan training dan implementasi Compiere maupun ADempiere. Hal tersebut dikarenakan disamping saat ini Compiere dan ADempiere masih sangat mirip, juga karena kami masih belum merampungkan manual untuk ADempiere. Meskipun manual ADempiere cukup lengkap di website ADempiere, namun adanya manual dalam bahasa indonesia tentu akan sangat membantu bagi user terutama yang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang terbatas.

Saat ini Buku masih dalam penulisan, diharapkan bisa segera selesai sehingga kegiatan kami yang berhubungan dengan ADempiere bisa dilengkapi dengan sebuah manual dalam bahasa Indonesia yang lengkap dan mudah dibaca.



Penerapan ERP dengan OpenBravo



Sepertihalnya ADempiere, manual OpenBravo tersedia cukup lengkap di website OpenBravo, namun demikian tersedia nya buku manual dalam bahasa indonesia tentu akan sangat membantu dan mempercepat proses belajar para user sehingga bisa mendukung keberhasilan implementasi ERP secara keseluruhan.

Saat ini Buku masih dalam penulisan, diharapkan bisa segera selesai secepatnyasehingga kegiatan kami yang berhubungan dengan OpenBravo bisa dilengkapi dengan manual dalam bahasa Indonesia yang lengkap dan mudah dibaca.

Tentu saja ketersediaan buku manual ERP, bukan merupakan satu satunya faktor keberhasilan training maupun implementasi ERP, metode training serta cara penyampaian juga merupakan faktor yang penting disamping faktor faktor lain tentu saja.

By: Agung Budi Santosa, ( agung_bs@yahoo.com )

Baca Juga: --> Buku Panduan Belajar Compiere
--> Panduan Belajar Compiere

Join Komunitas Adempiere Indonesia / Idempiere Indonesia di FB Group: Adempiere iDempiere Study Group Indonesia 

15 comments:

ibnu harun said...

bagaimana prosedur pemesanan bukunya pak? untuk buku Buku Panduan Belajar Compiere Edisi ke 2 berapa harganya?

thanks

Agung B Santosa said...

Untuk pemesanan buku, silahkan menghubungi Sdri. Yustilawati di email: Yustilawati@yahoo.com atau di no. telp. (0274) 7450597 atau 0819 04194873.
Thanks & Regards,
Agung BS

Anonymous said...

saya minat yang openbravo, kalo memang belum jadi, soft copy yang masih ada saja dulu tidak apa2, bagaimana pak?

Agung B Santosa said...
This comment has been removed by the author.
Agung B Santosa said...

Buku ADempiere segera akan rilis di awal 2010.

Unknown said...

Saya tertarik untuk buku Panduan untuk ADempiere.
Apakah ada yang bahasa indonesia?
kalau ada saya memesan kemana?

Bayang Kelana said...

pak dalam pembuatan adempiere requisition dokumen kan ada dua cara yaitu secara manual dan replenish report

perbedaanya apa ya pak dilihat dari bisnis prosesnya, dan kapan kita menggunakan manual ataupun replenish report tersebut?

thanks

yudhie yusuf said...

permisi mas agung ... mau numpang jawab pertanyaannya si hak hik huk ... ( nama yang aneh )

requisition by replenish itu adalah requisition yang otomatis di buatkan oleh system berdasarkan material requirement planning dengan salah satu caranya yaitu menentukan batas minimum stock dari suatu material/product. Jika material tersebut menyentuh nilai minimum stock maka system membuatkan requisition.

sementara requisition by manual yah namanya juga ... manual ... bikin sendiri berdasarkan pengalaman dari inventory controllernya.

Agung B Santosa said...

terima kasih banyak mas yudhie, atas penjesanannya... :)

Adempiere said...

Pak Agung, bagaimana saya dapat membeli bukunya. kalo bukunya emang tidak terbit tolong di kasih tau
terimah kasih

ronaldSI'08 said...

pak agung, apakah buku Panduan untuk implementasi ADempiere masih bisa dipesan? jika iya, saya ingin memesan bukunya...

terima kasih

Frans said...

Pak Agung, apakah buku Compiere/Adempiere-nya masih ada pak? Saya sangat tertarik untuk memesan.

Terima kasih.

Anonymous said...

Pak agung.anda membuat buku cara pengembangan adempiere? Misal cara setting source code adempiere di netbeans,eclipse?

Clara A. Harris said...

I have learnt various good stuff right here, and I’m sure everyone will get advantage of it.erp software dubai

Dinamika Informatika said...

Terima kasih untuk ilmunya. Salam kenal. Silahkan mampir ke website kami Software WMS