Welcome To www.adempiere.web.id

This blog is in Indonesian Language, to read in English please use google translate
-------------------------------------------------------------------------
Assalamu allaikum Wr Wb
Selamat datang di www.adempiere.web.id, tempat untuk berbagi informasi Komunitas ADempiere Indonesia , serta sharing informasi Software ERP (Enterprise Resource Planning)berbasis Opensource khususnya Adempiere / iDempiere dan OpenBravo. Semoga informasi yang ada di blog ini, bisa bermanfaat.
Wassalam
Agung Budi Santosa
.>>> [ BACK TO HOME ] <<<.

Friday, May 8, 2009

Return Material Authorization (RMA)

Tanya:
pak,mo nanya kalo retur penjualan gimana???,
ebil.

Jawab:
Mungkin ada kejadian dimana sesuatu yang dibeli oleh Customer dikembalikan karena suatu hal misalnya kesalahan pembelian, kerusakan barang, atau alasan lain. Compiere ERP & CRM menyediakan fungsi ini didalam proses Return Material Authorization. Compiere menyediakan kemampuan untuk mendefinisikan Return Policies dan Return Categories untuk mengontrol secara lebih baik proses return (pengembalian) tersebut dan untuk menentukan Item apa saja yang boleh dikembalikan, atau dari customer yang mana anda akan menerima pengembalian barang.

Untuk itu anda harus melakukan setup RMA Category dan Return Policy. RMA Categories mengijinkan anda Untuk menggolongkan alasan untuk return. Ini Mengijinkan untuk men-track (melacak) kemungkinan masalah seperti pakcaging (pengemasan) jika anda memiliki item dalam jumlah besar yang rusak selama pengiriman. RMA Categories tidak dibutuhkan untuk mem-proses returns, tetapi bisa digunakan sebagai analysis tool yang sangat membantu. Untuk membuat atau merubah sebuah RMA Category, buka RMA Category window by klik-ganda pada Returns > RMA Category.Sedangkan Return Policies mengijinkan anda untuk men-set rules (aturan) dimana returns diijinkan. Policies ini kemudian akan berhubungan dengan Customers dan Vendors. Sebagai contoh, anda dapat menerima returns dari semua customer dalam waktu 30 hari setelah pengiriman, akan tetapi untuk beberapa customer tertentu anda mengijinkan hingga 45 hari. Atau anda juga dapat menentukan returns diijinkan tetapi untuk waktu jangka yang lebih pendek. Semua skenario tersebut dapat ditangani dengan Return Policy.
Untuk membuat atau merubah sebuah Return Policy, buka Return Policy window by klik-ganda pada Returns > Return Policy.

Customer RMA
Customer RMA mendefinisikan item yang mana customer meminta otorisasi untuk di-return. RMA harus dihubungkan ke Sales Order dan Customer Shipment. Ini memastikan bahwa returns hanya diijinkan untuk items yang telah dikirim. Informasi dari original sales order (payment term, project, campaign, dll.) akan disalin ke Customer RMA dimana mereka bisa be rubah apabila diperlukan.
Untuk membuat atau merubah sebuah Customer RMA, buka Customer RMA window dengan klik-ganda pada Returns > Customer RMA.




No comments: