Welcome To www.adempiere.web.id

This blog is in Indonesian Language, to read in English please use google translate
-------------------------------------------------------------------------
Assalamu allaikum Wr Wb
Selamat datang di www.adempiere.web.id, tempat untuk berbagi informasi Komunitas ADempiere Indonesia , serta sharing informasi Software ERP (Enterprise Resource Planning)berbasis Opensource khususnya Adempiere / iDempiere dan OpenBravo. Semoga informasi yang ada di blog ini, bisa bermanfaat.
Wassalam
Agung Budi Santosa
.>>> [ BACK TO HOME ] <<<.

Thursday, October 16, 2008

Customize COMPIERE ERP Dalam 5 Menit, Tanpa Ilmu Pemrograman

Saya pernah menulis bahwa pada dasarnya didunia ini tidak ada 2 perusahaan / organisasi yang memiliki struktur organisasi dan proses bisnis nya sama persis antara satu dengan yang lain. Ini artinya bahwa setiap Perusahaan memiliki ke unik an masing masing, sehingga tidak ada satu Software ERP pun yang langsung bisa mengakomodir kebutuhan ntuk semua perusahaan sekaligus.

Bahkan suatu aplikasi ERP yang pada awalnya sudah didesain secara khusus untuk mengkomodir semua kebutuhan suatu perusahaan, pada perkembangannya bisa menjadi terasa kurang atau bahkan tidak cocok, karena setiap organisasi umumnya dituntut untuk selalu berubah mengikuti perkembangan jaman.

Dengan demikian Setiap perusahaan yang menggunakan aplikasi ERP harus sadar bahwa lambat atau cepat mereka akan membutuhkan Customisasi.

Hanya masalahnya seberapa mudah aplikasi ERP anda bisa di Customize? Apakah anda mempunyai akses ke source code? Seandainya jawabannya adalah iya, apakah anda menguasai bahasa pemrogramannya? Seandainya jawabannya adalah iya, apakah anda menguasai arsitekturnya? dst…dst…

Compiere dengan Model-Driven Arcitecturenya membuat anda dapat dengan leluasa melakukan kustomisasi tanpa menyentuh source code dan tanpa ilmu pemrograman sama sekali. Dengan fasilitas ini, saat ini Compiere menjadi ERP yang paling mudah di customise yang pernah saya temui hingga saat ini.

Berikut ini saya ingin menjelaskan betapa mudahnya melakukan kustomisasi di Compiere, cukup hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit anda sudah bisa mendapatkan sebuah field atau windows baru. Dan hebatnya, saya akan mengajarkan langkah ini kepada anda tanpa harus belajar pemrograman sedikit pun.

Sebagai contoh, saya ingin menambahkan sebuah field didalam Windows Business Partner. Pada Tab Business Partner, saya ingin menambahkan field untuk NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak, ini hanya sebagai contoh) dimana saat ini hampir semua organisasi sudah mempunyai NPWP, karena apabila tidak…. “Apa Kata duniaa?? “ hehehe...

Pertama anda harus login sebagai System Administrator.



















Selanjutnya masuk ke Aplication Dictionary > Windows, Tab & Field
Dan pilih windows Business Partner


Kemudian masuk ke tab business partner


Klik pada tombol Create Fields







Pada Tab Field, buat record baru dan masukkan namanya sebagai NPWP, isikan juga description nya bila dirasa perlu.


Selanjutnya anda harus mengisi Column, untuk keperluan ini silahkan klik kanan dan pilih Zoom




Anda akan masuk ke windows column, pada tab Column di bidang DBColumn name masukkan nama sebagai NPWP dan description NPWP, untuk mengisi system elemen anda dapat melakukan "Zoom" ke system elemen dan membuat System elemen baru dengan nama NPWP.


Pada Reference anda bisa memilih salah satu format data, pada contoh ini kita memilih sebagai "String" dan Length atau panjangnya adalah 20 karakter.












Mohon dipastikan untuk meletakkan entity type sebagai "User Maintenance"




Kemudian tekan tombol "Synchronize Column"







kembali ke tab Field, dan simpan record anda

Logout dari System Administrator, dan login kembali sebagai admin tenant anda.

Coba masuk ke windows Business Partner

Anda dapat melihat field baru dengan nama NPWP. Silahkan mulai memasukkan Nomor NPWP Business Partner anda dan tekan Save.








Silahkan dilanjutkan dengan mengisi data NPWP Business partner anda yang lain.

Selamat Mencoba !!

====================
by : agung_bs@yahoo.com
====================


3 comments:

~DjS~ said...

Terima kasih P. Agung atas tutorialnya.

Perkenalkan saya baru mencoba adempiere masih dalam taraf install dan Initial client setup serta awam dengan Java.

Saya sudah berhasil membuat field baru NPWP dan berhasil menampilkan pada Windows Business Partner serta Import Business partner.

Bagaimana cara memasukkan NPWP dengan cara Import Business Partner ke Business Partner setelah berhasil menambah NPWP, masalahnya import field-2 yang lain berhasil kecuali NPWP

Terima kasih atas pencerahannya

Agung B Santosa said...

Untuk mengimport NPWP dari field yang baru saja dibuat, anda harus terlebih dahulu melakukan konfigurasi pada import file loader, serta memasukkan satu field NPWP, selanjutnya disesuaikan degan kolom file yang akan di import (file csv).

~DjS~ said...

Konfigurasi pada Import Loader dan CSV file Sudah di lakukan sehingga pada window Import Business Partner Field/Kolom NPWP sudah nampak.
Kemudian Click tombol Import Business Partner sudah berhasil , tapi saat di cek pada windows Business Partner Fields yang diimport sudah muncul kecuali Kolom NPWP tidak muncul/blank

Terimakasih